Emak Ingin Naik Haji

emak ingin naik haji

  • Judul : Emak Ingin Naik Haji
  • Sutradara : Aditya Gumay
  • Produser : Putut Widjanarko, Adenin Adlan
  • Penulis : Adenin Adlan, Aditya Gumay
  • Pemeran : Aty Cancer Zein, Reza Rahadian, Didi Petet, Niniek L. Karim, Ayu Pratiwi, Adenin Adlan, Gagan Ramdhani, Alexia, Aswin Fabanyo, Henidar Amroe, Cut Memey, Helsi Herlinda, Dedi Maulana, Genta Windi
  • Musik : Adam S. Permana
  • Sinematografi : Gunung Nusa P
  • Penyunting : Cesa David Luckmansyah, Dhimas Adhi Putra
  • Distribusi : Mizan Productions dan Smaradhana Pro
  • Durasi : 98 menit

Banyak hal yang melatarbelakangi seseorang untuk pergi haji. Karena keinginan untuk memenuhi rukun Islam yang kelima, membubuhkan predikat “haji” pada namanya untuk meningkatkan status sosial di mata masyarakat, atau karena alasan ingin berhaji dengan selebritis seperti yang diceritakan dalam film ini.

Ada orang-orang yang telah mapan harta, berkali-kali pergi haji dan umroh, tapi seakan hanya kakinya yang beranjak sedangkan hatinya tak pernah sampai di tanah suci itu. Ada pula yang harta sudahlah cukup digenggam, tapi hatinya masih beralasan.

Emak adalah satu diantara entah berapa banyak orang yang menyimpan keinginan untuk sampai di baitullah. Namun, meski telah bertahun-tahun menabung, keping rupiah yang dikumpulkan Emak belum juga genap untuk memberangkatkannya kepada impiannya. Putranya, Zein, yang kesehariannya bekerja sebagai pelukis, belum mampu memberikan penghasilan yang memadai untuk menggenapi tabungan emak. Ditambah lagi mantan istrinya berkali-kali datang untuk meminta bantuan membiayai anak mereka yang sakit hingga emak harus merelakan uang tabungannya yang kemudian justru disalah gunakan. Kelebihan uang yang digunakan untuk pengobatan si anak, digunakan untuk membayar hutang motor suaminya. Begitulah emak harus berjalan mundur dan kembali merajut kembali impiannya dari helaian benang pertama.

Film yang diangkat dari cerita pendek yang ditulis oleh Asma Nadia ini begitu mengundang haru. Kesabaran dan ketabahan seorang ibu yang hidup di tengah lingkungan dengan kesenjangan sosial yang menganga lebar, seorang anak yang nekat menikung ke jalan setan karena ingin mengubah air mata ibunya menjadi haru bahagia, dan kelapangan hati untuk menerima takdir Tuhan menjadikan film ini sarat makna.

Sumber gambar: Internet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s